Kamis, 18 April 2013

Karakter dalam Meme Comic

Meme komik, ya komik yang berisi cerita-cerita lucu yang sangat simple dan singkat banget itu lagi booming di kalangan netizen di Indonesia saat ini. Tidak seperti kebanyakan komik yang menceritakan tentang petualangan, action, kehidupan seseorang, atau misteri yang ceritanya diterbitkan dalam sebuah komik atau dalam majalah dengan halaman yang banyak, meme komik hanya terdiri dari sebuah foto dengan berbagai ekspresi konyol yang didalamnya terdapat balon percakapan dan ceritanya erat dengan kehidupan sehari-hari yang membuatnya mudah ditangkap oleh readers. 
Awalnya karakter dalam meme komik berasal dari meme yang diupload di situs 9gag.com atau beberapa situs meme lainnya. Dan karena meme komik menggunakan bahasa inggris, maka akhirnya dibuatlah meme komik berbahasa Indonesia. Berikut ini adalah karakter dalam meme komik yang mungkin sudah tak asing lagi bagi anda :

1. Me Gusta

Me Gusta adalah sebuah Frase Colloquial dari bahasa Spanyol 'Me Gusta', yang berarti I Like It. Pertama kali dibuat oleh ilustrator yang bernama Matt Oswald, dan di unggah ke Reddit, 4chan, Devian Art, bahkan pada tumblrnya.

Meme Me Gusta berfungsi untuk mengekspresikan rasa senang yang aneh pada suatu keadaan, yang apabila orang lain melihatnya, akan mengira orang tersebut mengalami keterbelakangan mental. Meme ini juga dapat dipakai untuk mewakili respon suka terhadap sesuatu yang berbau 'sara' (biasanya untuk mewakili ekspresi mupeng)

Sejauh Ini ada beberapa variasi dalam meme Me Gusta seperti 'No Me Gusta' yanng menunjukkan penolakan atau rasa kesal


2. Bitch Please

Meme ‘Bitch please’ adalah cuplikan ekspresi dari pemain basket yang bernama Yao Ming yang sedang tertawa terbahak-bahak saat jumpa pers , pada Mei 2009. 
Meme ini dugunakan untuk mengekspresikan senyum menyindir. Bisa juga untuk mengekspresikan 'ketidak menyesalan' atas sesuatu yang telah diperbuat.  Sekarang ini juga berfungsi untuk menunjukkan rasa jijik/takut , penolakan, dan juga menunjukkan rasa acuh.

3. You Don’t Say


“You Don’t Say?” adalah cuplikan dari wajah Nicholas Cage dalam filmnya yang berjudul “Vampire Kiss”. Pada scene tersebut, ditunjukkan bahwa Nicholas Cage sedang menanyai asistennya. Karena mimik muka Nicholas yang lucu, akhirnya mimik muka tersebut dijadikan meme pada rage comics.
Meme ini berfungsi untuk mengekspresikan tanggapan terhadap pernyataan lazim yang sudah pasti jawabannya, sehingga orang yang ditanyai lebih memilih untuk menjawab secara sarkastik.

4. Bad Luck Brian

Sebenarnya, belum benar-benar diketahui siapa sebenarnya sosok di balik 'Bad Luck Brian'. Tetapi, ada klaim dari seorang Redditor, bahwa dirinya lah, sosok di balik 'Bad Luck Brian'. Ia mengaku bernama Kyle, dan foto tersebut adalah foto yang diambil saat ia kelas 7. Ia sebenarnya sengaja memasang ekspresi seperti itu karena saat itu ia sedang di bawah tekanan kepala sekolahnya. 


Meme 'Bad Luck Brian' hanya berfungsi sebagai penggambaran orang yang sangat sial. Jika ada orang tersial di dunia, Brian lah orangnya.

5. Forever Alone
Meme 'Forever Alone' pertama kali menyebar melalui 4chan pada tahun 2009. Berdasarkan berbagai sumber, diketahui bahwa komik asli 'Forever Alone Guy' pertama berjudul 'April Fools'. Komik tersebut diunggah oleh pengguna FunnyJunk yang ber-username Azuul. Meme 'Forever Alone' ini berfungsi untuk mengekspresikan rasa kesepian dan kekecewaan terhadap dunia.  Dan meme ini biasanya mewakili rasa kesepian bagi orang-orang yang menjomblo.

6. Oh My God / Raisins Face


Sebenarnya ekspresi ini adalah ekspresi yang hingga sekarang belum diketahui pencipta sesungguhnya. Tetapi, Meme ini pertama kali muncul di website rage comics. Pada rage comics tersebut, diceritakan bahwa si pengguna ekspresi ini menyadari bahwa ia telah dibodohi. 
Meme ini berfungsi sebagai ekspresi terkejut, takjub, tidak bisa menerima keadaan, menyadari sesuatu, dan kesal.

7. Poker Face

Sejauh ini masih belum di ketahui sejarahnya, tapi meme ini biasa digunakan untuk menggambarkan situasi aneh dan memalukan. 

Satu lagi info penting dari Poker Face dia itu Pernah mengalahkan Judul lagu Lady gaga 'Poker Face' dalam keyword poker face di google.

8. Troll Face

Troll Face adalah meme yang berupa wajah yang mengekspresikan kejahilan. Penemu dari meme ini adalah Whynne (seorang user DeviantART). Yang sebenarnya, dalam post-nya, Whynne ingin menggambarkan karakter yang bernama 'Rape Rodent'.g menjahili tokoh komik lain.  Karena tidak semua 'troll' (kejahilan) selalu berhasil, maka diciptakan pula 'failed-troll face' yang mengekspresikan ekspresi sedih karena gagal menjahili. Kalau di Indonesia biasanya troll kalah dari Pak Jaya.



Pak Jaya

9. Rage Guy (FFFFFFFUUUUUUUUUUUU)




Karakter Meme komik paling terkenal di dunia, dibuat 4chan pada tahun 2008. Biasanya dibuat dengan 4 panel komik yang menggambarkan kemarahan, rasa kesal karena mengalami kesialan, atau keputuasaan dengan berteriak dimana sang rageguy tersebut biasanya berada pada panel terakhir. Selain itu pada bulan Desember 2010, the rageguy termasuk dalam 5 besar best internet meme of 2010.

10. True Story


True Story adalah  karakter meme komik berdasarkan gambar kontur hitam dan putih dari  How I Met Your Mother dari karakter Barney Stinson (diperankan oleh aktor Neil Patrick Harris) tersenyum puas sambil memegang segelas anggur. ditambah dentgan kalimat "True Story" yang biasanya juga berada pada panel terakhir sebuah ragecomic yang membuat kisah tersebut bekesan cerita nyata, padahal biasanya isinya adalah omong kosong dan mungkin bohong.
Pada tahun 1995an banyak orang yang menggeluh tentang banyak masuknya pemula ke usenet, dan baru 10 tahun kemudian pada tanggal 20 Juni 2004 kalimat true story banyak digunakan pada sitkom TV How I Met Your Mother dari karakter Barney Stinson, di setiap penutup acaranya ia sering mengatakan kalimat True story. Tak lama dari hari peluncurannya pada tanggal 11 februari 2011 karakter true story menjadi terkenal di beberapa situs memecomic terkemuka seperti 9gag.



11. Derp dan Derpina 

Pada November 2011 sebuah blog yang berisi tentang derpina muncul di tumblr sebelum berhenti beroperasi pada Agustus 2012. selain itu sebuah fanpage komik derpina barbahasa spanyol hadir di facebook dan mendapatkan 45.000 like dalam 1 tahun, dan pada Januari 2013 sudah ada 1100 fanart derpina di deviantART.
Derp menggambarkan kebodohan. Ia memiliki mata yang juling dan di Amerika mata yang juling biasa digunakan untuk melambangkan orang yang bodoh.
Episode South Park "The Succubus" yang tayang pada tanggal 21 april 1999 memperkenalkan karakter bernama mr.derp. dalam adegan tersebut Mr.Derp yang perperan sebagai seorang pengganti koki memukul dirinya sendiri dengan palu sambil mengatakan derp. dan di adegan tersebutlah wajah Mr Derp yang terpukul dengan palu dengan mata aneh (Baca: Jereng) menjadi awal karakter meme komik tersebut. setelah itu ekspersi wajah terebut banyak dipakai dalam episode South park lainnya.
Baru pada juli 2006 4chan memakai karakter tersebut. dan sejak itu banyak meme tentang derp bermunculan termasuk gambar artis yang kebetulan sedang berwajah derp.






Derpina adalah karakter utama wanita dalam ragecomic dan ia terlihat seperti derp versi wanita. Pertama kali muncul ke ragecomic yang di post 4chan pada tahun 2010. Pada tahun 2011 adalah awal dari masa kejayaan derpina karena ia menjadi tren di tumblr dan funnyjunk. Selain itu fanspage nya di facebook telah memiliki 22.000 like dan pada Mei 2011 ia menjadi kalimat yang sering digunakan pada yahoo answer tentang orang yang mencari pelipur lara setelah putus cinta.


12. F*ck Yeah




F*ck yeah adalah sebuah karakter meme komik yang menggambarkan sosok puas akan sesuatu. pertama kali di post pada tanggal 11 Februari 2010. Karakter ini juga menggambarkan pose kemanangan pada kehidupan sehari hari. (ex : bangun tidur lebih cepat dari pada jam alarm berbunyi F*CK Yeah). Masa kejayaannya ada pada saat 4chan mulai memakai meme tersebut untuk beberapa judul memenya.
Nama lain dari meme ini adalah Close Enough. Ini  buat nunjukin dua gambar yang 'mirip'. (ex : paper –pepper)


13. Okay Guy


Okay..,  inilah yang sering di katakan karakter meme ini. Ia juga salah satu karakter yang aktif digunakan pada meme 4 panel. Biasanya ia menggambarkan kalimat setuju tapi dalam arti tidak sesungguhnya (nggak ihklas) atau pasrah ketika menghadapi cobaan. Meme ini dipopulerkan oleh 4chan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar